ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN ROBOTIK DAN DAMPAKNYA PADA PROFESI AKUNTANSI

Artificial Intelligence dan Robotik

Pemahaman artificial intelligence (AI)/kecerdasan buatan ialah suatu software seperti atau sama dengan Decision Support Systems atau Expert Systems. Software ini akan memberikan keputusan atas masalah atau apa yang kita kehendaki. Misalnya kita ingin meminta pinjaman bank tidak perlu diputuskan oleh karyawan bank, namun tinggal memasukkan data2 calon peminjam dalam suatu software (bahkan yang memasukkan data adalah calon peminjamnya lewat smart phone nya) dan keputusannya keluar segera tidak perlu menunggu dalam hitungan jam atau harian. Ini suatu contoh dengan munculnya ini maka bank akan mengurangi jumlah karyawan yang terlibat dalam pemberian kredit karena sudah di gantikan oleh AI. Saat ini di Indonesia sudah banyak muncul lembaga pembiayaan seperti tersebut (financial technology atau fintech) dan pertumbuhannya luar biasa besar, sudah mulai merebut pasar bank konvensional dalam pemberian kredit.

Sedangkan pengertian robot adalah suatu alat atau perangkat yang dikendalikan oleh AI, contohnya saat ini kita mengenal drone adalah pesawat terbang tanpa awak yang banyak digunakan untuk merekam baik foto ataupun video, dapat pula robot yang ada di pabrik menggantikan tenaga kerja pabrik, contoh lainnya adalah saat ini sedang diuji coba mobil tanpa driver. Bila kita melihat ini, jelas sekali akan mengurangi pekerjaan tukang foto atau film bahkan hasilnya bisa jauh lebih bagus, tenaga kerja pabrik akan digantikan oleh robot dan nantinya tidak perlu ada sopir. Berarti banyak pekerjaan akan hilang.

Saat ini perwujudan AI mengarah ke mobile, bisnis online lewat smart phone (SP) mulai mengambil peranan penting, kecenderungannya sudah mulai mengambil pangsa pasar bisnis konvensional. Katakanlah hadirnya Gojek, Grab, Uber, Traveloka, Trivago, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lainnya bahkan banyak sekali yang jarang terpublikasikan. Para Perusahaan konvensional juga mulai menjual produknya menggunakan SP, contohnya: Matahari, Pizza Hut, Domino, Blue Bird, Mc Donal, Kentucky. Hampir semua perusahaan terkenal dan besar sudah mulai menjualan produknya menggunakan SP.

Banyak pangsa pasar perusahaan konvensional yang diambil alih oleh bisnis start up (UKMK) atau yang semula Start up sekarang sudah menjadi perusahaan besar (Gojek, Tokopedia, dll) berbasis SP. Aplikasi ini memberikan kesempatan besar bagi perusahaan UKMK menjadi besar, asalkan punya produk baik dan tinggal jual melalui online market place (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dll). Tidak sedikit perusahaan besar kalah bersaing dengan perusahaan berbasis SP. Kita menyaksikan perusahaan menengah besar mulai mengurangi gerai usahanya (Hero, Ramayana, Matahari, 7-eleven, Lotus Debenhams, GAP dan akan menyusul Mark & Spencer, dll). Ternyata pengurangan gerai usaha ini juga terjadi di hampir semua negara, bukan hanya di Indonesia.

Dengan demikian dampak dari revolusi industri ke empat ini ditandai dengan era AI, robotik dan mobile/e-commerce (mobile/e-commerce disingkat dengan digital saja) akan banyak menyebabkan lowongan pekerjaan terpangkas dalam jumlah yang besar tak terkecuali pekerjaan administrasi dan keuangan termasuk di dalamnya para akuntan. Bagaimana institusi pendidikan merespons ancaman dan peluang yang muncul pada masa sekarang ini dan yang akan datang (revolusi industri ke empat)?

Presiden Jokowi berbicara tentang ekonomi digital di depan para pemimpin negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) pada Sabtu, 11 November 2017. Ia mengungkapkan ada peluang sekaligus risiko yang membayang dari ekonomi digital. Dalam pertemuan tersebut dengan tema: “Pertumbuhan Inovatif, Inklusif, dan ketenagakerjaan berkelanjutan di Era Digital”, dalam forum tersebut juga di hadiri oleh Managing Director IMF Christine Lagarde. Juga dalam Sarasehan Nasional di DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat 17/11/2017, Jokowi mengungkapkan:”ILO memperkirakan akan terjadi 56% lapangan kerja di negara-negara ASEAN, termasuk tentu saja di Indonesia, akan hilang akibat automasi-automasi mesin, akibat robotik, dan yang lain-lainnya”.

Jokowi menekankan bahwa ekonomi digital dapat mendatangkan kesempatan ekonomi baru bagi masyarakat yang tak terjangkau oleh pola bisnis sebelumnya dan juga harus menjangkau UMKM. Namun ekonomi digital tak hanya menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inovatif tetapi juga membawa dampak disruptif (gangguan/kekacauan) dan diharapkan menciptakan kesempatan kerja yang produktif. Sebelumnya Jokowi juga mengkritik bahwa Pendidikan Indonesia telah berlangsung selama 30 tahun namun belum ada perubahan. Fakultas Ekonomi dari dulu sampai sekarang memiliki 3 jurusan, coba ada jurusan bisnis online yang sekarang ini perkembangannya sangat marak dan suatu kenyataan. Kita diingatkan oleh Presiden kita harus merespons ekonomi digital.

Dampak Artificial Intelligence (AI), robotik dan mobile tecnology (mobile) terhadap lowongan Kerja di Bidang Akuntansi

Kemunculan AI, robot dan mobile ini menyebabkan jumlah lulusan akuntansi (akuntan) yang akan diterima diperusahaan menengah besar akan berkurang karena digantikan oleh AI, robot dan mobile. Namun akan muncul lowongan kerja baik itu sebagai staf perusahaan, konsultan atau free lance di bidang akuntansi untuk perusahaan UMKM berbasis online yang yang jumlahnya cukup banyak.

Kemunculan online market place (Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Sophee, dll) dan e-commerce lainnya memberikan akses mudah bagi UMKM untuk menjual produknya ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negri. Ini kesempatan besar bagi para akuntan di minta untuk membuatkan laporan keuangan yang mana perusahaan UMKM siklus penjualannya dan penerimaan uangnya menggunakan digital, siklus HRD dan Penggajian juga menggunakan digital, siklus produksinya bisa jadi digital juga dan siklus lainnya bisa digital ataupun tidak.

Jadi pasar akuntan berkurang untuk bisnis menengah besar tetapi bertambah untuk kelas menengah kecil. Kebutuhan akuntan untuk software terintegrasi (Enterprise Resource Planing/ERP) berkurang. Untuk perusahaan kecil tentu saja butuh para free lancer berkembang. Untuk perusahaan UMKM membutuhkan software akuntansi yang cocok atau sesuai dengan jenis industrinya (software khusus/spesialis namun tidak kompleks dan sederhana dalam menggunakannya).

Dengan maraknya pertumbuhan aplikasi digital berbasis SP baik itu aplikasi penjualan, HRD and Payroll,  financial technology (fintech) dan lainnya. Aplikasi ini digunakan oleh perusahaan UMKM sampai perusahaan multi nasional. Harga aplikasi tersebutpun tidak mahal, sangat terjangkau. Dengan demikian jangan heran apabila perusahaan tersebut memiliki berbagai macam aplikasi atau singkatnya tidak terintegrasi (lawannya ERP).

Satu perusahaan bisa memiliki software aplikasi siklus penjualan dari vendor A dan software aplikasi HRD dan Payroll dari vendor B serta aplikasi manufaktur dari vendor C.  Software akuntansi merupakan induk dan penghubung antara berbagai macam software diperusahaan. Oleh karenanya untuk mengumpulkan data dari berbagai aplikasi ke dalam 1 wadah/database dibutuhkan software akuntansi dan software database yang mendukung.

Semua data terkait dengan perusahaan yang menggunakan berbagai aplikasi baik yang dikumpulkan melakui komputer baik itu secara Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN), smart phone, berbagai software database, berbagai software spread sheet dan lainnya masuk dalam satu database. Setelah data dapat dikumpulkan dalam satu database (warehousing data atau data transaksi berjalan) maka kita dapat melakukan analisis keadaan perusahaan. Analisa ini dikenal dengan istilah Business Intelligence (BI). Database ini terdapat dan dikelola dalam software Management Systems Database (MSDB).

Untuk dapat melakukan BI, dalam MSDB ini terdapat tools atau alat-alat seperti query dan alat alat statistik (uji statistik). Dengan menggunakan alat tersebut kita bisa menganalisa kondisi perusahaan saat ini dan memprediksi keadaaan perusahaan pada masa yang akan datang. Kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dapat dihasilkan dari analisa ini. Semua data perusahaan tersedia dan alat-alat tersedia tinggal kita gunakan saja.

Dalam software MSDB yang lengkap dan tangguh, para akuntan akan memberikan peranan penting untuk menghasilkan laporan-laporan apapun yang dikehendaki manajemen termasuk laporan cross sectional analysis. Keahlian database ini akan meningkatkan keahliannya sebagai akuntan tidak sebatas pada menghasilkan laporan keuangan saja. Dua software database terbaik dan terkenal di dunia adalah MS SQL Server dan Oracle. Software database ini memiliki banyak fitur dan fungsi sehingga banyak dipakai perusahaan kelas dunia.

Di samping itu juga Auditor dapat melakukan audit menggunakan data fisik yang ada di database. Data dalam database inilah sebagai input untuk menghasilkan laporan keuangan. Dengan demikian wajib bagi Auditor melakukan audit atas data dalam database ini. Apabila auditor ingin menguji kehandalan suatu software dilakukan juga dengan menguji database untuk membandingkan input dan output nya. Pengujian database merupakan bagian penting sekali sebagai tugas Auditor dalam pemeriksaan laporan keuangan apabila perusahaan memproses laporan keuangannya menggunakan software. Mengingat pentingnya database bagi profesi akuntansi, maka keahlian melakukan analisa data dan audit data dalam database sangat diperlukan.

Mengenal Venus & Co. Consulting

Venus & Co. Consulting, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi khususnya software aplikasi akuntansi dan bisnis didirikan tahun 2000 berawal sebagai konsultan yang mengimplementasikan berbagai software akuntansi dan kemudian pada tahun 2001 mulai mengembangkan software sendiri menggunakan merk easysmartsoftware. Semula software yang kita kembangkan berdasarkan pesanan pelanggan. Kita tumbuh berdasarkan permintaan pelanggan (tailor made). Telah ratusan perusahaan menggunakan software easysmartsoftware.

Software yang kami kembangkan menggunakan database tangguh MS SQL Server buatan Microsoft. Meskipun demikian Microsoft memberikan edisi gratis (Express Edition) dengan maksimum size database nya 10 Gb (SQL Server 2016 Express Edition). Size atau kapasitas tersebut lebih dari cukup untuk perusahaan menengah dan kecil. Jadi untuk perusahaan menengah ke bawah dapat menggunakan secara gratis.

Dengan berjalannya waktu sampai saat ini kita sudah mengembangkan 10 varian software akuntansi dan operasional. Tiap-tiap software sudah berulang kali digunakan oleh perusahaan sejenis dan cocok.  Mengapa kita perlu mengembangkan sampai 10 varian software jawabannya adalah tiap jenis usaha/industri memiliki karakteristik yang membedakannya. Oleh karenanya kebutuhan software untuk masing-masing jenis usaha/industri berbeda.

Analoginya kalo pasien berobat ke dokter langsung ditangani oleh dokter spesialis sesuai penyakitnya setelah konsultasi terlebih dahulu, karena kemampuan dokter umum terbatas. Jadi gunakanlah software khusus/spesialis untuk tiap industrinya karena sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pengoperasiannya sangat sederhana. Suatu software yang dipaksakan untuk melayani berbagai jenis usaha sangat sulit diaplikasikan dan apabila dipaksakan prosedur pengoperasiannya sangat rumit dan tidak efisien. Langkah-langkah  pengoperasiannya akan panjang dan terkesan dipaksakan.

Ke 10 varian software tersebut mencakup software-software sebagai berikut: 1. Ritel (Toko/minimarket/POS), 2. Jasa (Cafe/Resto/Salon/Tempat Service Kendaraan), 3. Distributor, 4. Jasa (Jasa yg perlu Workshop)/Manufaktur Sederhana, 5. Khusus Manufaktur Sederhana, 6. Kontraktor, 7. Manufaktur Hasil Perkebunan, 8. Ekspedisi/Cargo (Akuntansi+Operasional), 9. Supermarket (akuntansi+Opersional), 10 Ritel Multy Cabang + Kantor Pusat Pembelian (akuntansi+Operasional). Software ini akan bertambah lagi dengan berjalannya waktu, kami terus mengembangkan.

Software yang kami kembangkan adalah kombinasi ideal yang menggabungkan spesialis software untuk tiap jenis usaha dan database tangguh MS SQL Server. Kombinasi ini akan menghasilkan sinergi yang luar biasa bagi kebutuhan perusahaan untuk kepentingan akuntansi dan operasionalnya. Juga memungkinkan untuk Business Intelligence dan audit database. Lihat http://www.easysmartsoftware.com