Legenda Ahli Strategi Perang China bernama Sun Tzu pernah mengatakan bahwa “Jangan pernah memutuskan perang apabila kita tidak mengetahui kekuatan dan kelemahan kita dan musuh kita”. Dengan kata lain perang harus di menangkan, jangan berspekulasi.

Atau pernahkah kita melihat film 007 atau spionase? Bagaimana kita saksikan banyaknya agen-agen rahasia yang cantik ataupun ganteng yang saling berusaha mencuri informasi tentang kekuatan dan kelemahan lawannya. Tujuannya adalah supaya informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk mengalahkan lawannya.

Atau pada masa sekarang ini masing2 negara atau pun perusahaan merasa informasi rahasianya diretas atau dihack oleh pihak yang tak bertanggungjawab yang tentu saja dilakukan untuk mengambil keuntungan dari korban para peretas atau hacker.

Suatu bisnis ataupun institusi dapat bertahan hidup hanya dengan cara memahami kelemahan dan kekuatannya. Informasi terkait dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan yang sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis ini kita sebut dengan Business Intelligence.

Kami akan mengajarkan kepada anda sebagai akuntan database bagaimana cara menghasilkan business intelligence. Aplikasi database sudah menyediakan alat-alat (tools) untuk menghasilkan business intelligence tersebut.